lagu

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Rabu, 12 Desember 2012

APAKAH KOMPUTER SUDAH DIKENALKAN PADA USIA DINI SAAT SEKARANG



Oleh :
Nofra Candra Lovia

Semenjak anak lahir sudah memiliki potensi. Anak usia dini adalah anak yang unik. Untuk itu sebagai orang tua dan pendidik memiliki kewajiban untuk mengembangkan potensi yang sudah dimiliki anak, masa yang tepat untuk pengembangan potensi itu yaitu pada usia dini.
Yang mana anak usia dini adalah generasi penerus bangsa, yang akan menghadapi berbagai perubahan dunia dengan berkembangnya berbagai teknologi, dengan demikian sangat perlu bagi anak mengenal teknologi dari sekarang. Salah satu contoh pengembangan potensi anak yaitu dengan memperkenalkan komputer pada anak semenjak usia dini.
 Komputer pada saat sekarang ini sudah menjadi kebutuhan baik dikalangan dewasa maupun dikalangan anak-anak. Dengan menggunakan komputer manusia akan mudah untuk mengenal dunia. Komputer dapat memberikan dampak positif dan negatif, ini semua tergantung pada orang yang menggunakannya. Khusus untuk anak usia dini lebih dituntut orang tua dan pendidikharus hati-hati dan bijaksana dalam mengenalkan computer pada anak. Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak dikenalkan pada komputer sedini mungkin. Computer juga bisa digunakan sebagai media sehingga lebih menarik dalam pembelajaran anak.
Mengingat manfaat dari penggunaan komputer adalah suatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa akan datang, anak tetap harus dikenalkan dengan komputer walaupun ada pengaruh yang tidak baik yang dapat ditimbulkannya. Yang terpenting adalah bagai mana pendidik dan orang tua dapat menjadikan komputer aman dan bermanfaat bagi anak. Seperti yang kita lihat sekarang bagi sekolah PAUD yang sudah bisa dikatakan maju sudah mulai mengenalkan computer pada anak dalam pembelajaran. Seperti salah satu media yang bisa digunakan dalam pembelajaran.
Kenalkan komputer pada anak sesuai dengan usia mereka. Pengenalan bagi anak balita dapat dimulai dengan membimbingnya dengan cara menyentuh komputer, memegang mouse, mengetik huruf di keyboard. Bagi anak usia balita dapat diperkenalkan bagian komputer yang bersifat edukatif. Karena anak masih usia dini jangan biarkan anak membuka program-program yang tidak seharusnya diketahui anak tampa sepengetahuan kita, temani mereka saat mengguanakan komputer. Pendidik dan orang tua hendaknya terus mengembangkan kemampuan dan keterampilan anak dalam menggunakan komputer. Dalam mengenalkan komputer harus ada kesepakatan antara anak, orang tua dan pendidik apa yang tidak boleh dan yang boleh dilakukannya dengan komputer, agar anak merasa bertanggung jawab untuk melaksanakan peraturan yang telah dibuat bersama.
Usia dini adalah masa yang sangat baik untuk mengembangkan segala potensi anak. untuk itu salah seorang ahli Martin Luther King (1483 – 1546) Martin Luther menekankan pada anak agar menggunakan sekolah sebagai sarana untuk mengajar anak membaca. Ia juga percaya bahwa keluarga sebagai institusi yang paling penting merupakan peletak dasar pendidikan bagi anak. Tanpa pendidikan maka anak tidak akan mendapatkan bekal bagi hidupnya di masa yang akan datang. Karena itu pendidikan dan sekolah bukan hanya sekedar tempat anak bersosialisasi saja, tetapi juga memiliki makna sebagai sarana religius dan penegak moral.
Menurut John Amos Comenius (1592-1670) mengatakan Comeinus sangat percaya bahwa pendidikan harus dimulai sejak dini. Pendidkan yang berlangsung harus mengikuti perkembangn alam anak (kematangan) dan member kesempatan pada anak untuk menggunakan seluruh indranya. Pembelajaran semacam itu merupakan pembelajaran yang paling baik, karena pengalaman-pengalaman sensorial yang dialami anak usia dini merupakan dasar semua pembelajaran. Oleh karena itu Comenius meyakini bahwa penggunaan buku yang ada ilustrasinya akan sangat membantu mengembangkan kemampuan anak.
Dunia sekarang memang dunia yang bisa dikatakan canggih, yaitu segala pekerjaan bisa digunakan dengan teknologi. Agar generasi penerus tidak merasa ketertinggalan dan bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman makan semenjak usia dini anak sudah dikasih bekal dengan pendidikan-pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Karna computer adalah salah satu sumber ilmu yang penting dalam pendidikan, dari usia dini computer sudah harus diperkenalkan pada anak agar anak tidak menjadi generasa yang tertinggal dengan kemajuan zaman. Seperti realita yang kita lihat sekarang ini anak usia dini sudah menggunakan computer sebagai media permainan, dalam computer banyak terdapat berbagai macam prmainan yang menyenangkan bagi anak. nah sebagai orang tua dan pendidik harus meperhatikan hal ini, permainan yang diberikan pada anak harus bersifat edukatif.
Jadi sebagai orang tua dan pendidik harus memperhatiakan pendidikan yang harus diberikan pada anak disesuaikan dengan kebutuhannya dan perkembangan zaaman. Khususnya pengenalan computer sudah harus dikenalkan pada anak dari usia dini tapi harus dengan pengawasan dari orang tua dan pendidik agar tidak ada kesah gunaan bagi anak.








.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar